Tuesday, August 29, 2006

THINK AND ACT

Sedikit pake judul boso londho gak papa. Simbah mengamati ada beberapa type manusia dilihat dari motivasi amal dan kelakuan mereka. Motivasi ini biasa disebut niat di dalam amal manusia.

1. Think locally and act locally
Ini model pekerja yang terlalu nggethu kerja, untuk mengejar setoran demi kebutuhan domestiknya. (Hayyah, bosone ra nguati) Maksudnya type orang yang bekerja –di mana saja dia bekerja- yang motivasi kerjanya hanya melulu demi keperluan pribadinya. Ataupun kalo gak mau disebut keperluan pribadi, ya keperluan pribadi dan kelompoknya. Padahal sebenarnya boleh jadi apa yang dia perbuat itu bisa bermanfaat demi keperluan manusia banyak. Tapi target kerjanya hanya melulu demi sesuap nasi, demi mulut sang isteri (agar tetep bisa makan dan tidak nyerocos), agar bisa bayar SPP anaknya dlsb.

Ini model tukang bangunan yang saat membangun suatu gedung dia ditanya, “Lagi ngapain loh?” Dia jawab dengan enteng, “Gue sedang menumpuk bata, kagak liat emang mata lo?” Padahal dia sedang membangun suatu gedung pencakar langi

2. Think locally and act Globally
Ini model orang yang suka biayakan ke sana kemari, kembola-kembali ngrambah negara manca, deal sana-deal sini, bahkan kalo perlu sampe angkasa luar dikangkanginya. Namun tetap saja niat dan motivasinya demi kocek, demi anak-isteri atau demi keluarga. Tidak lebih. Pecicilannya sampai kesana-kemari itu underannya melulu demi kemanfaatan segelintir orang saja.

Orang ini mungkin negosiator ulung, biasanya diberi kesempatan menjelajah dunia. Tapi ya itu… tetep motivator utamanya cuma demi kepentingan diri dan klannya saja. Koruptor dan kolutor memiliki sifat ini.

3. Think Globally and Act locally
Nah ini paporit simbah. Model manusia ini adalah orang mau peduli terhadap kepentingan manusia banyak. Meskipun yang dilakukannya terbatas di ruang lingkup tertentu, namun efek dari tindakannya memberikan efek global.

Ini model tukang bangunan yang saat menata batu bata di suatu sudut proyek bangunan ditanya, “Lagi ngapain loh?” Dia jawab dengan mantab, “Gue lagi mendirikan gedung pencakar langit, emang merem mata lo, sampe kagak liat gue mbangun ini gedung?”

Perlu diketahui, Rasulullah Muhammad saw merupakan profil yang tepat untuk manusia golongan ketiga ini. Berpikir untuk seluruh alam, namun dengan aksi lokal yang menjadi prototype kerja besar seluruh dunia.

4. Think Globally and Act Globally.
Ini jenis manusia langka. Mungkin anda berpikir ini lebih tepat buat propil seorang sekjen PBB. Halah, belum tentu. Sekjen PBB itu bisa masuk kategori kedua. Biayakannya ke sono-kemarinya hanya demi urusan duit, atau agak luas lagi demi mengharumkan nama bangsanya, atau agak lebih luas lagi demi negara-negara yang mensponsorinya.

Atau anda berpikir ini lebih tepat buat propil seorang Miss Universe dengan segala misinya. Hayyah… lebih gak ngambah lemah lagi. Wong ini orang wira-wiri berdiri dengan segudang sponsor di belakangnya kok. Keliatannya nyantuni korban bencana, nengok anak-anak yatim, kunjungan ke Panti Jompo, tapi ya intinya gimana produk yang mensponsorinya bisa laku dan laris, mengangkat image produk sambil sedikit pamer body semlohai kesana-kemari, siapa tahu ada duda milyarder sempat nglirik dan besoknya nglamar….. (Simbah embel-embeli: “yah, gak semuanya begitu sih”)

Klasifikasi ini boleh jadi dianggap mbambung saja. Agak mentereng karena pake boso londho gak ketang sak ndulit. Meskipun begitu, coba dipikir, sampeyan masuk kategori yang manah

8 Comments:

At 8:05 PM, Anonymous koeaing! nanggepi...

ik termasoep act naturally mbah doktor....

 
At 10:05 PM, Blogger pippip nanggepi...

saya milih enthing2 aja deh mbah...

 
At 12:36 AM, Anonymous mbahmu nanggepi...

@ koeaing
wot du yu ting boeng? :D

@ pippip
milih enthing abang apa enthing ijo? :)

 
At 1:49 AM, Blogger onanymous nanggepi...

hiks...golonganku gak ada tu mbah...no act talk only mbah...padahal ada banyak sebangsaku gitu lho mbah

 
At 11:35 PM, Anonymous aribowo nanggepi...

kalo menurut mbah sendiri rata2 orang indo masuk golongan mana?

 
At 6:03 AM, Anonymous irwan van kalong's nanggepi...

kalo saya milih yang mana ya??
sik..sik... lempar koin sik.. :D

 
At 8:18 PM, Anonymous mbah Dipo Van de Vinter nanggepi...

@ onanymous
talk only itu sudah act lho, cuma harus pake think, talk tanpa think itu jadinya talk salicyl, tombo gatel.. :D

@aribowo
rata-rata orang indonesia itu act without think

@kang kalong's
kang, lempar seratus ribuan kesini aja kang... :P

 
At 6:29 AM, Blogger Izhan Nasuha nanggepi...

Lowongan Magang kerja perusahaan jepang gaji 15-25 juta/Bulan
Lowongan Magang Jepang Non IMM Terbaru
Lowongan Kerja magang ke Jepang Gratis
Magang Jepang Depnakertrans
Loker SMA SMK
Lowongan SMK Terbaru
Properti Murah
Foto dan Video Shooting jakarta
Jasa Fotografer Wedding Jakarta
japanese Intership program
Jual Modem murah harga distributor
Lowongan Beasiswa Magang Kerja Luar negri ke jepang

 

Post a Comment

<< Home