Thursday, August 03, 2006

SUMBER REJEKI

Beberapa hari ini simbah kalo malam disibukkan dengan pekerjaan rutin yang mengesalkan, berburu nyamuk. Memang simbah rasakan sudah sekitar 4 hari ini serangan nyamuk sudah membabibuta, meskipun beberapa hari sebelumnya juga gak bisa dikatakan mencelengmelek. Akhirnya tidur malam selalu dihiasi dengan ceblek sana sini, plak sana plak sini, crot sana crot sini (darah nyamuknya).

Bermacam obat nyamuk sudah simbah coba, tapi tetep saja nyamuk tak terbendung. Disemprot sampae napas simbah ngik-ngok seseknya, gak mempan. Dibakari obat nyamuk gak manjur... Weleh ..akhirnya manual menggunakan ketajaman mata elang dan kecepatan copet pulogadung.

Tapi mungkin kita tidak mengira, bahwa dari nyamuk yang gak mitayani gitu itu dia bisa ngasih rejeki ke banyak orang. Jelas pabrik obat nyamuk bisa berproduksi. Karyawan pabriknya bisa ngasih makan keluarganya. Industri percetakan juga kecipratan order mbikin kemasan bungkusnya, termasuk desainer yang mbikin logonya. Rumah produksi iklan bisa terus bernapas dengan pesanan iklan obat nyamuknya. Sekaligus si artis pemeran iklannya bisa ngalap berkah dari nyamuk bin lemut bin jingklong bin mosquito ini. Jadi beberapa oknum di atas tadi rupanya bisa terkafer rejekinya dari eksistensi nyamuk. Coba bayangkan jika nyamuk punah, berapa pihak yang kehilangan salah satu sumber rejekinya?

Sumber rejeki yang paling potensial adalah tubuh manusia. Simbah tidak mengarahkan pada menjual diri, bukan itu. Tapi memang hanya dari tubuh manusia saja berputarlah roda ekonomi dunia.

Simbah ambil contoh salah satu bagian tubuh manusia yang menjadi sumber rejeki adalah kulit. Dari kulit ini, industri kosmetik bisa mengais rejekinya. Pabrik sabun tak ingin ketinggalan. Juga beberapa industri macem Spa, krim pengencang kulit, pemutih kulit, tukang tatoo, hingga dokter kulit pun dapet makan dari situ. Belum lagi bicara masalah penyakitnya, industri salep, krim, obat-obat yang memperindah kulit jelas mbaurekso disini.

Itu baru kulit, belum gigi kita. Dari dokter gigi, pabrik odol, sikat gigi, obat kumur, permen penyegar napas, spray pewangi mulut, benang gigi, tukang gigi/pangur, tukang kawat gigi (biar gak mrongos), sampai industri tusuk gigi, menjemput rejekinya disini. Kadang kita juga gak terpikir bahwa rambut kita pun ternyata memberi rejeki kepada banyak pihak, seperti tukang cukur, karyawan pabrik shampo, pabrik minyak rambut, pabrik wig, penumbuh rambut, cat rambut, pabrik gunting, hingga pabrik karet gelang (buat ngucir).

Lah, sebegitu banyak Gusti Sing Murbeng Dumadi ngasih sumber rejeki, kok ya ada yang masih bingung ngais rejeki. Ada yang bunuh diri karena merasa putus asa nyari rejeki. Ada yang mbunuh anaknya takut gak dapet rejeki. Ada yang bacok-bacokan antar sodara karena rebutan rejeki, ada yang menjual harga dirinya untuk secuil rejeki .... Duh Gusti paringono jaguar...

Buka mata kita... dimana-mana tempat semuanya bisa menjadi sumber rejeki.


11 Comments:

At 6:59 PM, Anonymous AndyBr nanggepi...

Mbah......
Kodok itu sukanya nguntal nyamuk. Lha daripada pelihara cocak rowo atau perkutut, mending si, mbah pelihara kodok aja yang banyak. Atau cicak yang banyak.

Kalo pas tidur masih dicokoti (kurang tepat, tepanya disedoti) nyamuk terus, kodoknya dikelonin aja mbah

oiyo... blogku tak pindhah mbah...

 
At 7:20 PM, Anonymous oón nanggepi...

hiks...padahal baru tadi malem aku gagal membunuh 1 nyamuk mbah...alhasil pagi ini masih ngantuk :(
kasian tukang sapu lidi ya mbah, kecipratan rejeki dari nyamuk cuman dikit...pantes mereka jualan dgn jalan kaki, kepanasan kuhujanan, gak bisa pasang iklan di tv juga...:(

 
At 7:33 PM, Blogger Sibolang nanggepi...

nek simbah kan kebgian rejeki juga tho mbah..nek koyo aku iki piye mbahh??

 
At 7:55 PM, Blogger pippip nanggepi...

coba ae mbah
ning ngisor
kasure didhokoki
kulit duren
ben nyamuke
podho mabuk duren

 
At 10:15 PM, Anonymous tifoso nanggepi...

jarang pakai obat nyamuk lagi...
mendingan pakai kipas angin, lebih efektif... :)

 
At 11:48 PM, Anonymous mbah dipo nanggepi...

# andy
kodoknya kalo dicium bisa berubah jadi widodari gak? kalo tetep dadi bencok, yo tiwas diuyuhi dadi kadasen pak... :D

# o'on
iklan sapulidi ada kok, bintangnya Basuki... katanya buat nggaruk punggung.. heheh.

# oke
sampeyan kebagian rejeki juga pak, mbikin statistik pertumbuhan jumlah nyamuk di DKI

#pippip
sing mabuk ora mung nyamuke... opo maneh yen kulite kepidak...

# tifoso
wah, gak digigit nyamuk tapi trus kembung, kerokan terus tiap hari

 
At 1:01 AM, Anonymous koeaing! nanggepi...

hahahahahah...koweorang ko samah djeboele sama ik iang awam dalem kasihatan, sekali lagi tentang itoe djikalaw itoe binatang bangsat tijada perna ada mangka moengkin sahadja koweorang poenja idoeng tijada sepesek iang tempoh ini mbah, pasal itoe bala tentara Iskandar Zoelkarnaen mistih soeda kasie tjaplok inih Noesantara poen....

 
At 12:46 PM, Anonymous kalong nanggepi...

neng kene opo wae iso dadi duit mbah...
;P

 
At 6:16 PM, Anonymous Mbah Dipo nanggepi...

# koeaing!
namoen kitaorang 350 tahoen didjadjah Hollanda tijada beroebah itoe kitaorang poenja idoeng poen. Jang beroebah tjoema koweorang poenja logat en dialijk sinjo...

# kang kalong
uyuh wae iso dadi duit.. nguyuh sewu, ngising sewumangatus, mangsur mangewu.. :D

 
At 3:47 AM, Anonymous koeaing! nanggepi...

Hoor ! Mistih sahadja, pasal kitaorang poenja kake moeiang tijada iang djahadi itoe njai alijas goendik itoe meneer2 keblinger pangoewasa Onderneming tee sepoetaran Lawoe poenja goenoeng poen.....

 
At 7:28 PM, Anonymous Guntar nanggepi...

Kecantikan... dan kesehatan.
Selalu laris tuh. ndak cowok ndak cewek. Cowok2 INdonesia sdr skr dah mulai ngerti cara ngatur badan, tambah banyak tuh sing badane atletis kayak atlet.

 

Post a Comment

<< Home