Tuesday, July 11, 2006

MUSIM SUNATAN

Musim liburan ini Simbah banyak kedatangan pasien yang hendak mengkhitankan anaknya. Ritual satu ini punya banyak nama. Ada yang nyebut sunat, karena merupakan sunnah (perjalanan perilaku) Nabi saw. Ada yang nyebut supitan, tetakan, angislamaken, sirkumsisi, malah guru bahasa Inggris Simbah waktu SMP menyebut ritual itu dengan nama "pothol".

Yang datang pun beragam umur. Yang paling tua yang pernah datang ke rumah Simbah adalah anak SMA. Hmmm... ini agak susah, daging sudah alot, suket itemnya sudah runggut dan yang jelas lebih godres getih. Sedangkan yang paling muda umur 5 tahun. Inipun bukannya tanpa kendala, karena si anak non kooperatif dan rewelnya minta ampun.

Orang Jawa lebih suka anaknya disunat pada umur-umuran anak SMP. Sedangkan orang sunda lebih suka umur anak balita sudah disunat.

Ngomong-ngomong tentang sunat, rupa-rupanya kata sunat yang berarti sunnah ini berubah makna. Sunat yang yang pada prakteknya ada proses memotong, akhirnya diasosiasikan dengan arti kata ini, yakni memotong. Maka jika ada kalimat "Jatah makannya disunat", bisa bermakna jatah makannya dikurangi atau dipotong jumlahnya.

Nah di bulan ini wacana gaji ke-13 mulai ramai dibicarakan. Kita tahu angka 13 sering diasosiasikan dengan angka sial. Tentunya tidak demikian dengan gaji ke-13 ini. Ini angka yang ditunggu-tunggu malahan. Banyak PNS yang mengeluh gaji ke-13 nya diterima dalam keadaan tidak utuh alias disunat. Nah kalo sunatan yang ini bukannya sunnah, tapi harom jiddan. Tapi ya begitulah masyarakat Indonesia... kecilnya disunat, gedhenya nyunat.... tapi nyunat gaji orang lain.

Simbah termasuk golongan orang yang menerima gaji ke-13 ini, bahkan gaji ke-14, ke-15 dan seterusnya.... Hawong gajiannya mingguan je... Kelasnya masih kelas buruh proletar, belum mborjuis. Mudah-mudahan di musim sunat tahun ini, perilaku nyunat jatah rejeki orang lain segera hilang ....

11 Comments:

At 12:50 AM, Anonymous Andybr nanggepi...

mbah-mbah... situse mertombo sudah pindah sini to ?

saya dulu nganter sunatan sedulur, ke bong supit, cuman anehnya kok ada syaratnya mbawa ndhog pitik sama jeruk nipis. Lha pertamane ndak mudheng, mau dipake apa itu endhoge sama jeruke, lhaa tibake.... itu jeruk diiris separo, terus disuruh ngemut sama si pesakitan.
Dan ketika si pesakitan sedang berjuang melawan rasa kecut yang ngauzubilah, pada saat itulah si dokter menyunat dengan diam-diam.

Wah ternyata jeruk nipis itu gunanya ndak cuman buat wedang jeruk saja ya.....

lha mbah dipo gimana, pake telor & jeruk nipis juga ?

 
At 1:40 AM, Anonymous koeaing! nanggepi...

mbah, koweorang poenja kaing-kaing itoe tjoeba kowe gentih sama inih kode di ik poenja blog iang ada itoe toelisan pili samoewah itoe mbah
Bijar selaloe itoe update dari kaing2....

 
At 2:13 AM, Anonymous Mbah Dipo nanggepi...

# andybr
wah.. Ajian Nylemur.. hehe..

Simbah pernah diajak jalan-jalan naik mobil sama mantan suaminya Trie Utami. Di jalan dia bawa blimbing wuluh sak plastik. Simbah nanya Buat apa bang?
Jawabnya, buat obat ngantuk untuk driver... Caranya? ... Pas ngantuk blimbing dimut, trus dikremus..krauk-krauk... Dijamin ngantuk ilang, lebih manjur lagi dinyonyokne mripat... hehe

 
At 2:09 AM, Blogger onanymous nanggepi...

xixixi..musim liburan sekolah = musim sunatan massal yah?

mbah kalo pake blimbing wuluh ngantuknya ilang, mencret datang!
supri juga manusia, mbok ya kalo sudah ngantuk jangan dipaksa

 
At 3:23 AM, Anonymous koeaing! nanggepi...

lho katanja koweorang soeda djinggat ka itoe san pransisko, amerika poenja sjarikat poen sinjo ? Mingsih ada sahadja roepanjah poen.....

 
At 9:51 AM, Anonymous the kalong's nanggepi...

Artine Sunat = Sunnah
Sunnah = Dilakoke berpahala, Ditinggalkan yo rak po2.

Nek logise ngono, kudune salah tho persepsi kata "sunat"...
Wong "sunat" ki ora sunnah tapi wajib bagi muslim.

Wis puyeng, dadi tambah puyeng ki mbah... Arep dolanan, rak iso2 nginceng balone *walah*

 
At 8:33 PM, Anonymous koeaing! nanggepi...

mbah itoe, koding boewat feed koweorang ada iang koerang poen, mistinjah djikaalw di click 'tinggal copy dan paste' otomatiek kesorot kabeh, aken tapi inih tijada barang sikit poen...tjoeba kowe tengo koembalih....

 
At 3:30 AM, Anonymous Mbah Dipo nanggepi...

# kang Kalong's

Anu kang... istilah sunnah itu kan ada yang menurut kaedah pikih (ahkamul khomsah) seperti nyang Kang Kalong's sebut itu...

Tapi ada juga nyang diartikan menurut kamus, yakni perjalanan/perilaku Nabi saw, nah perilaku/perjalanan Nabi ini ada nyang wajib ada nyang sunnah...

gimme diganti liyane wae lah...update terus.. :)

 
At 8:31 AM, Anonymous si kalong's nanggepi...

ooo...geto,
mahfum lah mbah... teseh kurang ilmune. ;)

 
At 8:50 PM, Anonymous andi nanggepi...

Sunatan :) ya .. mantab aksi "Nyunnah" nya anak-anak dimanfaatkan bapak-bapak "nyunat" PNS :)

 
At 12:33 AM, Blogger Mimi Hitam nanggepi...

kalo untuk umur 17 taon keatas sunatnya pake carok aja kali ya mbah, sekali tebas langsung bablas.
Kalo suket'e wes runggut yo dipapras sek tho, atau dikareti dulu.. kayak kucir rambut gitu, jadi gak ngeregon-ngeregoni :D

 

Post a Comment

<< Home